Pelajaran Dasar Untuk Bermain Bola Basket

Bola Basket merupakan sebuah olahraga yang digemari oleh masyarakat dunia khususnya di Amerika. Banyak orang mulai dari kalangan pelajar hingga profesional gemar menghabiskan waktu sehari-hari untuk bermain basket. Ya, olahraga basket selain membuat sehat juga tentunya menyenangkan. Olahraga yang termasuk permainan tim ini bisa juga menjadi sarana untuk bermain bersama kerabat dan keluarga. Namun untuk para pemula yang belum tahu bagaimana cara bermain basket, sebaiknya ketahui terlebih dahulu pelajaran dasarnya.

Pelajaran Dasar Untuk Bermain Bola BasketYang pertama harus diketahui adalah tentang dribble. Dribble merupakan salah satu teknik dasar permainan bola basket dengan maksud untuk menggiring bola menuju daerah permainan lawan. Dirbble dilakukan dengan memantulkan bola basket menggunakan satu tangan dengan posisi telapak tangan menghadap kebawah. Seseorang bisa terus melakukan dribble asalkan belum memegang bola menggunakan dua tangan. Namun pada permainan resmi, satu tim tidak bisa terlalu lama menguasai bola baik melakukan dribble maupun memegan bola dan paling lama hanya 24 detik saja.

Pelajaran kedua adalah passing. Seperti halnya olahraga dengan format tim lainnya, passing digunakan untuk memberikan operan kepada rekan satu tim. Passing dalam bola basket dilakukan bisa secara langsung melemparkan bola ke tubuh rekan tim, bisa juga dengan memantulkan terlebih dahulu. Pelajaran dasar untuk passing dalam dunia bola basket adalah soal akurasi. Lebih baik, lakukan passing dengan mengarahkan bola basket setinggi dada dan mencoba melempar bola dengan menggunakan dua tangan. Lakukan passing secara berulang-ulang hingga menemukan tingkat akurasi yang tinggi namun juga cepat.

Lalu, yang harus juga dipelajari dalam bola basket adalah mencetak poin. Untuk pemula, pelajari bagaimana dua cara utama mencetak poin dalam bola basket yaitu shooting atau tembakan dan juga lay-up. Shooting atau tembakan dilakukan dimana saja dengan tujuan memasukan bola ke dalam ring. Pelajari bagaimana posisi tumpuan dan posisi kaki dalam menembak bola hingga akurat masuk ke dalam ring. Untuk Lay-up, cara mencetak poin ini menggunakan lompatan dan mengarahkan bola dari jarak dekat. Seorang pemain boleh berlari atau mengambil persiapan lay-up sebanyak 2 langkah dan setelahnya melompat setinggi mungkin sembari mengarahkan bola. Teknik Lay-up ini memerlukan keahlian dalam melompat, perkiraan jarak yang tepat, dan juga keakuratan memasukan bola dalam jarak dekat.

Jika sedang bertanding, pemain lawan pun akan memberikan tekanan dan terus menempel seseorang yang ingin melakukan lay-up serta berusaha untuk menutup celah tembakan bola. Maka dari itu, lompatan dan juga hentakan yang kuat serta ketahanan tubuh juga harus terjaga agar bisa melalukan lay-up dengan baik. Untuk setiap bola yang masuk dalam sebuah permainan aktif dihitung sebanyak 2 angka. Namun tembakan dilakukan diluar dari garis setengah lingkaran, maka bisa mendapatkan 3 poin. Untuk free throw atau layaknya penalti dalam sebuah permainan sepakbola, bola yang masuk ke ring hanay dihitung satu poin.