Tips Bermain Futsal Untuk Permula

Tips Bermain Futsal Untuk PermulaFutsal merupakan salah satu olahraga yang menguras tenaga namun menyenangkan. Sejak awal mula kemunculan futsal, olahraga ini terus meningkat penggemarnya termasuk di Indonesia. Olahraga futsal kini semakin mudah dilakukan karena terus bertambahnya penyedia lapangan futsal untuk disewakan sehingga siapapun yang ingin bermain sepakbola berukuran mini ini sangatlah mudah. Futsal biasa dimainkan baik untuk kegiatan serius seperti perlombaan atau sekedar untuk olahraga rekreasi. Ya, seringkali futsal digunakan untuk kegiatan olahraga yang tujuannya untuk bersenang-senang dengan sahabat, teman kantor, dan lain sebagainya. Namun, permainan yang terlihat mudah ini tidak bisa dianggap remeh. Risiko cidera dan risiko lainnya tetap bisa muncul walau hanya sekeder bersenang-senang. Maka dari itu, untuk Anda para pemula wajib mengetahui tips bermain futsal yang aman dan menyenangkan.

Tips bermain futsal yang harus dimengerti para pemula tidaklah rumit. Namun, hanya karena beberapa hal terlihat sederhana bukan berarti bisa disepelekan. Tips-tips yang harus dimengerti para pemula sebelum bermain futsal adalah sebagai berikut.

  • Mengerti Aturan Permainan

Secara garis besar, futsal sama seperti permainan sepakbola dimana sebuah tim yang menang ditentukan dari jumlah gol. Dalam permainan futsal yang resmi pun juga dipimpin oleh wasit yang juga memiliki kartu kuning dan kartu merah. Yang terlihat beda dengan sepakbola adalah cara lemparan kedalam. Jika sepakbola menggunakan tangan, untuk futsal menggunakan kaki dengan terlebih dahulu meletakkan bola didalam garis lapangan futsal.

  • Pemanasan

Sebelum bermain, semua pemain wajib melakukan pemanasan. Permainan futsal memang terlihat sepele karena ukuran lapangannya yang kecil. Namun setelah bermain, Anda akan rasakan betapa kebugaran, kecepatan dan stamina dibutuhkan dalam permainan yang serba cepat ini. Gesekan antar pemain pun lebih mungkin terjadi. Untuk itu, agar terhindar dari cidera maka pemanasan yang benar harus dilakukan.

  • Mengumpan

Dalam permainan futsal, mengumpan tidak bisa dilakukan sama seperti mengumpan pada permainan sepakbola. Umpan pada futsal cenderung lebih cepat dengan menggunakan kaki bagian dalam, kecuali untuk umpan-umpan jauh atau untuk menunjukkan skill individu. Umpan yang cepat bisa didapat dengan sering berlatih. Namun untuk pemula, yang lebih penting adalah umpan dengan tepat sasaran.

  • Menendang

Seperti yang telah disinggung tadi, futsal ditentukan dari jumlah gol yang masuk ke gawang lawan. Maka dari itu, menendang bola menjadi sangat penting agar bisa meraih kemenangan. Dalam sebuah permainan, 4 pemain di depan kiper dituntut untuk bisa menendang bola dengan keras dan akurat. Ya, setiap posisi dalam futsal bisa mencetak gol tidak seperti sepakbola yang lebih ditugaskan hanya pada pemain depan. Maka dari itu, berlatihlah untuk menendang bola futsal sekencang-kencangnya dan seakurat mungkin.

  • Atur Istirahat Dan Jangan Dehidrasi

Permainan yang cepat dalam futsal sangatlah menguras tenaga. Bagi pemula, pastinya akan sangat melelahkan. Maka dari itu, atur waktu istirahat dan juga pastikan tubuh terhidrasi juga dengan baik.